Pedoman Penulisan Naskah

  1. Makalah belum pernah dipublikasikan melalui Jurnal atau media lainnya dengan mengisi formulir pernyataan
  2. Makalah merupakan hasil Penelitian Lapangan, Studi Kasus, atau Studi Kepustakaan yang bersifat objektif, sistematis, analitis dan deskriptif
  3. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baku: baik dan benar, obyektif lugas dan komunikatif (mudah dimengerti). Kalimatnya efektif: jelas, tegas, tidak rancu. Hindari pemakaian bahasa asing (kecuali sangat diperlukan) dengan menulis miring (italic).
  4. Makalah diketik dengan computer Microsoft Word ukuran huruf Times New Roman 12, jarak baris 2 spasi, jumlah halaman 14-20 lembar, ukuran A4 termasuk gambar/tabel/ilustrasi (maksimal 3 buah), dan Daftar Pustaka. Margin kiri dan bawah 3 cm, margin atas dan kanan 2.5 cm.
  5. Sistematika penulisan secara garis besar memuat JUDUL, Nama Penulis, Instansi, email, ABSTRAK, kata kunci, PENDAHULUAN (paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir (10 tahun terakhir); paparan kesenjangan; argumentasi peneliti dalam menutup kesenjangan tersebut sebagai janji kontribusi penelitian ini bagi perkembangan ilmu; dan paparan tujuan penelitian), METODOLOGI PENELITIAN (berisi paparan tentang segala sesuatu yang memang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan peneltiian secara jelas seolah-olah memberi peluang peneliti lain untuk melakukan replikasi atau verifikasi terhadap penelitiannya. Hindari definisi-definisi yang dikutip dari buku dalam paparan di bagian Metode Desain Penelitian yang sudah menjadi pengetahuan umum tidak perlu ada sumber yang dirujuk), HASIL DAN PEMBAHASAN (hasil pengolahan data masing-masing variable dan pembahasan), PENUTUP (Kesimpulan dan Saran), DAFTAR PUSTAKA.
  6. Judul makalah singkat (maksimum 14 kata, tidak termasuk kata sambung), yang mencerminkan isi tulisan.
  7. Abstrak merupakan intisari (substansi) yang mencakup latar belakang, tujuan penelitian/penulisan, metode, hasil dan kesimpulan. Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia kurang lebih 100-200 kata, 1 paragraf dan dilengkapi dengan 3-5 kata kunci (Key words).
  8. Pencantuman sumber kutipan langsung pada tulisan yang dikutip dengan menuliskan nama, tahun dan halaman. Contoh: Sumber di awal; Kotler (2007) menyatakan “…..” Sumber di akhir; “Segmentasi adalah ….” (Kotler, 2007).
  9. Daftar pustaka dengan style APA, ditulis tanpa nomor berdasarkan abjad dengan urutan: NAMA PENGARANG (tanpa gelar, marga, nama untuk pengarang tanpa marga sesuai urutan namanya. JUDUL (cetak miring), PENERBIT, KOTA, TAHUN PENERBIT. Contoh: Simamora, Henny. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta. Siswanto Sunarso. (2005). Wawasan Penegakan Hukum di Indonesia. Citra Adi Bakti. Bandung.
  10. Isi makalah bukan tanggung jawab redaksi. Redaksi berhak mengedit redaksionalnya tanpa mengubah arti.
  11. Makalah yang tidak memenuhi syarat tidak akan diterima.
  12. Mengisi formulir dan menyelesaikan administrasi lainnya serta menyerahkan makalah dalam bentuk soft-copy dan 2 berkas hard copies atau melalui email.
  13. Keterangan lengkap dapat menghubungi redaksi Jurnal Ilmiah WIDYA, Jl. SMAN 14 Cawang, Jakart Timur Telp/Fax (021) 8009947, Email: jurnalwidyakop3@yahoo.com, website www.jurwidyakop3.com.